Selasa, 28 Desember 2010

Konsep Dasar Obyek


Konsep Dasar Obyek

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut mengenai pemrograman berorientasi obyek, tidak ada salahnya kita mempelajari tentang definisi dan karakteristik dari sebuah obyek.
Segala sesuatu yang ada di dunia nyata dapat diartikan sebagai obyek, selain itu obyek juga memiliki karakteristik  tertentu.
·         Setiap obyek memiliki atribut sebagai status / state.
·         Setiap obyek memiliki tingkah laku / behaviour.

Sebuah objek cukup menuliskan nama class dan nama objeknya dengan format :
               [Nama kelas] [nama objek];

Atribut / State
Atribut adalah sebuah data yang membedakan antara obyek satu dengan obyek lainnya. Setiap obyek mempunyai dan menyimpan atributnya sendiri, dan masing – masing obyek mungkin memiliki nilai yang sama atau beda sama sekali.
Contoh :
Obyek sepeda memiliki atribut : pedal, jeruji, ban,dll.
 
Tingkah Laku / Behaviour
Behaviour / tingkah laku adalah aktifitas yang biasa dilakukan oleh obyek
dari suatu class. Aktifitas yang dilakukan dapat beragam dan tergantung dari obyek yang ada.
Contoh :
Obyek sepeda memiliki tingkah laku : kecepatan menaik, kecepatan turun dan perpindahan gerigi sepeda, dll. 
Pada pemrograman berorientasi obyek, atribut / state dinyatakan dengan member data / data member sedangkan tingkah laku dinyatakan dengan method / fungsi antarmuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar